Jelajahi Dasar Cast Iron: Penggunaan, Perawatan, dan Lainnya

Jika anda baru memiliki atau ingin memiliki alat masak cast iron, anda wajib membaca artikel ini. Entah Anda membeli baru,  atau mendapatkan cast iron pusaka keluarga Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai memasak. Panci cast iron membutuhkan perawatan yang sedikit berbeda dari panci lainnya, dan karena cast iron memiliki sejarah yang panjang, ada beberapa mitos tentang perawatan cast iron yang perlu Anda hindari.

Cast Iron Skillet

.

Bersihkan Pertama Kali sebelum Anda Menggunakan Cast Iron

Jika Anda baru saja membeli cast iron dari toko, pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci wajan cast iron. Pencucian ini akan sedikit berbeda dari perawatan harian karena kami menyarankan air sabun panas saat pencucian pertama.

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa Anda tidak boleh menggunakan sabun pada cast iron, tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar. Untuk wajan baru dan bekas — sedikit sabun dan air adalah hal yang baik. Pencucian pertama ini berfungsi untuk menghilangkan residu dari pabrik atau serpihan karat. Pastikan Anda membilas dan mengeringkan wajan dengan baik setelah pencucian pertama, serta lapisi cast iron dengan minyak sebelum disimpan. Anda mungkin hanya perlu mencuci wajan dengan sabun sekali atau dua kali setahun jika Anda merawatnya dengan baik.

.

Seasoning pada Alat Masak Cast Iron

Lapisan “Seasoning” membuat wajan cast iron Anda tidak lengket dan tahan karat. Singkatnya : Seasoning pada cast iron adalah proses yang terjadi saat lapisan minyak dipanaskan pada cast iron, menciptakan permukaan hitam yang tahan karat dan antilengket. Banyak wajan baru yang sudah mengalami proses seasoning di pabrik, tetapi jika Anda membeli wajan bekas, kemungkinan besar Anda ingin membuat lapisan seasoning yang lebih keras dengan membersihkan wajan dan melakukan re-seasoning kembali. Untuk penjelasan yang lebih mendalam tentang ini, kunjungi blog dari kami.

.

Penyimpanan Cast Iron

Di mana Anda menyimpan cast iron jauh lebih penting daripada bagaimana Anda menyimpan besi tuang Anda. Pertama – cast iron Anda harus selalu kering sebelum Anda menumpuk atau menggantungnya. Karat adalah musuh dari lapisan seasoning hasil jerih payah Anda! Kedua, kami sarankan masukkan paper towel atau kain ke diantara tumpukan wajan saat disimpan – terutama jika Anda menumpuknya dengan panci dan wajan lain. Hal ini dapat menghilangkan kelembapan dan melindungi permukaan wajan.

.

Perawatan Cast Iron

Setelah Anda mencuci, melakukan seasoning, dan menyimpan cast iron dengan benar, Anda siap untuk memasak menggunakannya. Bolehkah memasak telur dengan cast iron? Lebih lanjut tentang itu anda bisa temukan di bawah, tetapi sebagai pemula akan sangat membantu untuk mengetahui bagaimana Anda akan membersihkan dan merawat cast iron Anda setiap hari. Sebagai permulaan, akan sangat mudah untuk membersihkan panci Anda ketika masih hangat.

Bilas dengan air hangat dan gunakan sikat atau scrapper silikon atau kayu untuk menghilangkan bagian yang menempel. Jika Anda menggunakan cukup minyak untuk memasak, Anda mungkin tidak memerlukan lebih dari bilas dengan air hangat  dan sabun. Anda juga bisa menggunakan sikat atau scrapper silikon atau kayu untuk menghilangkan makanan yang menempel.

Untuk makanan yang benar-benar lengket, gosok dengan garam dan minyak, bilas dan bersihkan. Jika membilas dan menggosok tidak cukup, tuangkan beberapa sendok makan minyak dan beberapa sendok makan garam ke dalam panci dan gunakan busa untuk menggosok panci dengan campuran ini hingga bersih, lalu bilas.

Keringkan wajan dan lapisi dengan minyak. Keringkan cast iron dengan handuk bersih lalu letakkan di atas api kecil. Tambahkan lapisan minyak secara tipis dan merata, pastikan minyak tidak menggenang.

Dinginkan wajan dan simpan hingga siap untuk digunakan kembali. Simpan hingga siap digunakan.

.

Hal yang boleh dilakukan dan jangan dilakukan

  • Jangan takut untuk memasak telur, tomat, atau ikan dalam besi tuang. Beberapa resep ini membutuhkan latihan, tetapi jangan takut untuk mencobanya.
  • Gunakan peralatan yang tidak tajam seperti kayu, silikon, dan karet untuk memasak dan membersihkan cast iron. Sesekali menggunakan spatula logam tidak apa-apa, tetapi cobalah untuk menghindari peralatan logam di cast iron Anda.
  • Jangan menyimpan makanan dalam cast iron pada waktu yang lama. Hal ini buruk untuk cast iron anda.
  • Bersihkan panci segera. Dan hindari merendamnya.

.

Kesimpulan

Cast Iron merupakan alat masak yang dikenal manusia sejak lama. Dengan perawatan yang benar, cast iron anda akan tahan sampai cucu cicit anda. Jelajahi postingan tentang cast iron lainnya pada blog kami.

Share this Article

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Apa lagi yang anda tunggu?

CV Merapi merupakan produsen produk besi tuang mulai dari kompor gas komersial, cast iron cookware & serveware, produk plumbing, spare part otomotif, hingga resin coated sand (RCS). Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran khusus.

Artikel Terkait

Dokumen anda sudah siap

Dengan menekan tombol di bawah, anda akan mengunduh Company Profile CV Merapi

Dokumen anda sudah siap

Dengan menekan tombol di bawah, anda akan mengunduh Katalog Produk Sistem Pipa Merapi

Dokumen anda sudah siap

Dengan menekan tombol di bawah, anda akan mengunduh Katalog Kompor Sun Rise

Dokumen anda sudah siap

Dengan menekan tombol di bawah, anda akan mengunduh Katalog Sun Rise Cast Iron