Mengenali Resin Coated Sand (RCS), Material dalam Proses Casting

Pada blog ini, kami akan membahas tentang Resin Coated Sand (RCS). Material ini umum digunakan pada industri pengecoran. Secara umum, Resin Coated Sand (RCS) adalah pasir silika yang dilapisi resin. Tulisan ini akan membedah pengertian tersebut untuk membantu anda dalam lebih paham tentang Resin Coated Sand (RCS).

Resin Coated Sand, RCS

Apa itu Phenolic Resin?

Phenolic Resin adalah jenis resin yang banyak digunakan dalam industri foundry untuk pembuatan Resin Coated Sand (RCS). Resin ini terbuat dari polimer fenol formaldehida dan memiliki sifat yang sangat cocok untuk penggunaan dalam pengecoran logam. Keunggulan utama Phenolic Resin adalah daya tahan yang tinggi terhadap suhu tinggi, stabilitas dimensi yang baik, serta daya rekat yang kuat terhadap pasir silika. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk menciptakan lapisan resin yang kokoh pada butiran pasir, sehingga meningkatkan kekuatan dan keawetan cetakan dalam proses pengecoran logam.

Phenolic Resin for Resin Coated Sand (RCS)

Apa itu Pasir Silika?

Pasir silika (pasir kuarsa) merupakan istilah industri yang digunakan untuk pasir yang mudah terpilah dengan persentase butiran kuarsa (silika) yang sangat tinggi. Pasir silika merupakan kuarsa yang hancur menjadi granula kecil akibat erosi dan pengikiran air serta udara selama beberapa waktu. Pasir ini memiliki butiran halus dan sering digunakan dalam berbagai industri karena sifatnya yang tahan terhadap panas, kekuatan mekanik, dan kemampuannya dalam menghantarkan listrik. Pasir silika, bersama dengan resin merupakan bahan utama dalam pembuatan RCS.

Pasir Silika, bahan Resin Coated Sand (RCS)

Pengertian Resin Coated Sand (RCS)

Resin Coated Sand merupakan pasir silika yang dilapisi bahan pengikat berupa phenolic resin. Pasir silika yang dipanaskan dimasukkan ke dalam mixer, kemudian ditambahkan dengan phenolic resin dan bahan tambahan lainnya.

Kegunaan Resin Coated Sand (RCS)

Resin Coated Sand umum digunakan sebagai material dalam industri pengecoran sebagai core dan cetakkan pada shell mold casting. Resin Coated Sand dicetak dengan cara dimasukkan ke dalam cetakkan yang kemudian cetakkan dipanaskan, sehingga membentuk pola produk casting.

Pemasangan Core yang terbuat dari RCS pada cetakkan Green Sand

Kesimpulan

Resin Coated Sand (RCS) merupakan material yang penting dalam industri pengecoran. Merapi adalah supplier Resin Coated Sand (RCS) dan menyediakan solusi Resin Coated Sand (RCS) SR untuk pengecoran logam anda. Kami dapat menyediakan berbagai spesifikasi Resin Coated Sand (RCS) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi Resin Coated Sand (RCS) kami

Share this Article

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Apa lagi yang anda tunggu?

CV Merapi merupakan produsen produk besi tuang mulai dari kompor gas komersial, cast iron cookware & serveware, produk plumbing, spare part otomotif, hingga resin coated sand (RCS). Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan penawaran khusus.

Artikel Terkait

Dokumen anda sudah siap

Dengan menekan tombol di bawah, anda akan mengunduh Company Profile CV Merapi

Dokumen anda sudah siap

Dengan menekan tombol di bawah, anda akan mengunduh Katalog Produk Sistem Pipa Merapi

Dokumen anda sudah siap

Dengan menekan tombol di bawah, anda akan mengunduh Katalog Kompor Sun Rise

Dokumen anda sudah siap

Dengan menekan tombol di bawah, anda akan mengunduh Katalog Sun Rise Cast Iron